MENGELOLA KELAS ONLINE DENGAN 3 WEBSITE INI

<a href="http://www.freepik.com">Designed by pikisuperstar / Freepik</a>

Manajemen kelas merupakan sebuah tantangan bagi seorang guru setiap harinya. Di kelas offline misalnya, guru biasa menemukan anak yang tidak engage atau tidak fokus dalam proses pembelajaran. Ada yang ngobrol dengan temannya, ada yang teriak-teriak, mungkin juga ada yang asik lari sana sini. Banyak teknik-teknik manajemen kelas offline diluar sana yang saya rasa guru juga sudah mengerti. Di artikel kali ini, saya akan berbagi tentang manajemen kelas online dengan 3 website andalan yang bisa membantu proses pembelajaran lebih engaging dan menarik sehingga siswa juga bisa fokus dan senang dalam mengikuti kelas.


Saya sudah menggunakan Class Dojo sejak 2017. Website ini merupakan pelengkap dari rangkaian teknik yang saya pakai untuk mengelola kelas. Di hari pertama kelas, saya selalu mengajak siswa untuk membuat sebuah agreement atau persetujuan contohnya: saling tolong-menolong, tidak ada yang menertawakan ketika teman salah, tidak berbicara kasar, dan lain-lain. Saya juga memberikan rules atau aturan di kelas seperti tidak membuka hp untuk keperluan selain pembelajaran di waktu belajar, membawa botol minum sendiri, tidak membawa makanan dengan bungkusan plastik, dan lain-lain. Setelah itu, saya juga mengajak siswa untuk memberikan opininya tentang cara belajar terbaik untuknya, supaya saya sebisa mungkin memakai cara mengajar yang diinginkan siswa selama pembelajaran. Terakhir saya dan siswa juga berdiskusi tentang rewards atau hadiah apa yang ingin mereka dapatkan setelah selesai satu semester dan telah mencapai poin tertentu di Class Dojo, contoh rewards bisa seperti memasak pizza dan makan bersama, piknik di pinggir sungai, dan seterusnya. 




Nah sebagai penguatan terhadap persetujuan tersebut, saya menggunakan website Class Dojo ini. Dengan website ini, guru bisa membuat kelas dan memasukkan nama-nama siswa di sana. Nanti, setiap siswa akan memiliki monster avatarnya sendiri. Ini bagian yang disukai oleh siswa saya karena mereka bisa melihat monster yang lucu-lucu sebagai dirinya dan teman-temannya. Selain itu, guru juga bisa memasukkan positive atau negative behaviour beserta poin-poinnya. Misalnya, siswa A membawa botol minum sendiri lalu guru bisa mengklik nama siswa tersebut dan menambahkan poin untuknya karena dia sudah membawa botol minumnya sendiri. Siswa akan sangat senang melihat jumlah poinnya yang terus bertambah secara individu maupun kolektif secara kelas. Nanti di akhir semster, guru bisa melihat jumlah poin keseluruhan yang terkumpul lalu tinggal dicocokkan saja dengan rewards yang sudah dijanjikan di awal tahun ajaran.

Yang saya sebutkan di atas hanya beberapa fitur Class Dojo basic saja. Masih banyak lagi yang bisa website ini berikan untuk membantu kita mengelola kelas. Website ini juga memiliki fitur seperti timer, music, griup maker, directions, think-pair-share, attendance, dan masih banyak lagi yang pastinya sangat membantu guru dalam mengelola kelas online. Oiya saya belum mention kalau semua fitur di Class Dojo ini GRATIS TIS TIS!



Siswa anda suka bermain game online? Dengan web ini, guru bisa semakin terhubung dengan tren anak jaman sekarang. Tapi, sebelum mengakses situs ini pastikan anda sudah menyalakan VPN ya. Jika belum punya, anda bisa mendownload aplikasi gratisnya disini

Menurut saya, dengan tampilannya yang canggih dan niat, Classcraft sangat cocok dipakai untuk guru SMP atau SMA. Seperti Class Dojo, di situs ini guru juga bisa membuat kelas dan memasukkan nama-nama siswa di dalamnya. Siswa akan memiliki avatar dan akunnya sendiri yang bisa mereka akses. Di sini guru bisa memberikan poin dalam bentuk XP atau Experience Poins ketika siswa menjawab soal dengan benar atau menunjukkan positive beahaviour selama di kelas online. Nantinya XP yang terkumpul bisa siswa tukarkan dengan kekuatan, pakaian, dll untuk melengkapi avatarnya. 

  
Hal yang membedakan Classcraft dengan Class Dojo adalah tampilannya yang menurut saya kurang user-friendly dan prosesnya yang agak rumit. Meskipun begitu, Classcraft memberikan video pengenalan di setiap langkah-langkahnya agar lebih mudah dipahami oleh guru. Selain itu fitur lain yang spesial adalah guru bisa membuat kuis ala game online di dalam situs ini. Nah, bedanya lagi Classcraft ini gak sepenuhnya gratis. Tapi, versi freenya aja saya rasa sudah cukup kok dipakai mengelola kelas online apalagi konsepnya yang unik banget gitu. Bisa dicoba yaa.

3. Class123 (https://class123.ac/)


Seperti kedua website sebelumnya, Class123 memberikan kemudahan untuk guru dalam mengelola kelas. Guru bisa membuat kelas baru dan menambahkan siswa kedalamnya. Fitur yang dimiliki website ini kurang lebih hampir sama dengan Class Dojo. Situs ini memiliki tampilan yang simple dan user-friendly. Jadi, guru pemula pun dapat dengan mudah menguasai fitur-fitur yang ada di situs ini.



Beberapa kelebihan yang Class123 miliki ialah dia punya goal tracker. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, saya dan siswa biasanya memiliki perjanjian di awal tahun ajaran. Dengan Class Dojo, saya melihat perjalanan siswa menuju rewards secara manual. Namun di Class123, guru bisa memasang goal yang diinginkan dan nanti juga bisa melihat perkembangannya sesuai dengan poin yang dikumpulkan siswa. Selain itu, situs ini juga dilengkapi fitur bell. Bayangkan saat kelas online siswa justru fokus melakukan hal lain atau sibuk melihat-lihat sekelilingnya. Dengan fitur bell ini, guru bisa mengambil perhatian siswa dengan mudah. Masih ada banyak lagi nih fitur-fitur yang keren dari Class123. Ada fitur chalkboard, announcement, checklist, dan juga report.




Layaknya sebuah papan tulis sungguhan, di fitur chalkboard guru bisa menulis, menggambar, dan lain-lain. Saya sudah terbayangkan kegiatan pemanasan sebelum kelas dimulai bisa menggunakan fitur ini. Misalnya, guru menggambar sesuatu dan meminta murid menebak gambar itu dan sebagainya. Lalu di bagian checklist, guru bisa memberikan assessment kepada siswa dengan berbagai pilihan jenis soal. Belum lagi di situs ini juga ada fitur announcement, yang bisa guru pakai untuk membuat pengumuman di kelas. Class123 ini betul-betul recommended banget untuk guru yang sedang mencari cara mengelola kelas online dengan baik.

Nah, setelah membahasa ketiga website diatas, saya berkesimpulan bahwa Class123 inilah yang terbaik karena kelengkapan fiturnya dan juga kemudahan tampilannya. Khususnya untuk guru yang mengajar di tingkat SD, animasi yang ada di situs ini pasti sangat menyenangkan untuk siswa. Semangat terus untuk para guru. Semoga artikel ini bermanfaat ya.



 

Comments

Popular Posts