8 SITUS YANG BISA GURU MANFAATKAN UNTUK MEMPERSIAPKAN KELAS ONLINE

<a href="http://www.freepik.com">Designed by slidesgo / Freepik</a>

Di tahun ajaran 2020/2021 ini, guru dihadapi dengan tantangan baru yaitu kelas online. Kebanyakan guru belum memiliki pelatihan yang cukup untuk menerapkan kelas online dengan siswanya. Namun dengan seiring berkembangnya teknologi, kini guru bisa dengan mudah mempersiapkan kelas onlinenya. Berikut 8 situs teruji yang saya pakai untuk mempersiapkan kelas dan pastinya bisa guru manfaatkan untuk mempersiapkan kelas online yang menarik dan berarti bagi siswa.

1. Canva (canva.com)











Canva adalah situs andalan saya untuk segala hal yang berkaitan dengan desain! Mulai dari worksheet, poster, lesson plan, sampai presentasi pun bisa dibuat di Canva. Guru tinggal pilih aja template yang sudah disediakan lalu kata-katanya bisa diganti sesuai keperluan deh.

2. Pinterest (pinterest.com)

This is my go-to website! Kalau lagi stuck dan perlu pencerahan untuk ide aktifitas di kelas online. Biasanya saya tinggal buka aja Pinterest, lalu cari inspirasi di kolom pencarian menggunakan keywordnya. Misalnya saya mau cari tentang kuis Bahasa Inggris, saya hanya perlu ketik "English Quiz" di kom pencarian. Selesai deh! Nanti Pinterest akan nunjukin semua gambar yang berkaitan sama keyword itu.

3. Genially (genial.ly)

Sebenarnya Genially ini website yang baru untuk saya. Dengan website ini guru bisa membuat bahan ajar dengan template-template yang sudah disediakan. Beberapa featurenya ada True or False, Infografik, Interactive Image, Games, dan masih banyak lagi. 

4. Edpuzzle (edpuzzle.com)

Nah untuk Edpuzzle juga saya direkomendasiin sama digital learning specialist. Dengan Edpuzzle, guru bisa upload video sendiri atau bahkan juga dari YouTube. Selanjutnya, video yang di upload tadi bisa dibuat latihannya untuk siswa. Melalui Edpuzzle, guru juga bisa mentrack siapa aja yang melihat videonya jadi gak ada lagi deh siswa yang bandel! Bilangnya udah nonton, gak tahunya belum hehe

5. LearningApp (learningapp.org)

Menurut saya LearningApp adalah website yang paling simple dan mudah untuk dipakai. Guru bisa membuat segala macam exercise atau latihan oline untuk siswa, seperti Fill in the Blank, Matching, Multiple Choice Quiz, dan lain-lain. Semuanya sudah ada templatenya loh! Guru tinggal isi aja dengan materi yang diajarkan. Mudah bukan?

6. Google Docs (docs.google.com)











Saya sudah menggunakan Google Doc selama 3 tahun lebih. Jujur saya lebih merasa terbantu menggunakan Google Doc daripada menggunakan Word biasa. Banyak banget nilai plus yang Google Doc punya. Beberapa diantaranya:
1. Tidak takut file hilang karena sudah secara otomatis tersimpan
2. Dokumen bisa dishare ke teman, jadi sangat memudahkan ketika melakukan peer-teaching. Hanya perlu masukkan alamat Gmail saja.
3. Langsung terintegrasi dengan Google Drive, menurut saya ini memudahkan dalam mengorganisir dokumen-dokumen yang berkaitan dengan pengajaran.

7. Google Slides (slides.google.com)











Google Slides memiliki keunggulan yang kurang lebih sama dengan Google Doc. Tambahannya, kita juga bisa membuat worksheet di Google Slides. Nanti inshallah saya akan buat postingan sendiri untuk cara membuat worksheet dengan Google Slides.

8. Slidesgo (slidesgo.com)











Bosan dengan tampilan presentasi yang gitu-gitu aja? Coba pakai Slidego deh. Banyak banget varian templatenya, bisa dicari yang sesuai dengan materi ajar. Kalau sudah ketemu yang pas, tinggal download terus nanti sudah bisa dibuka di Google Slides kita deh. Setelah itu guru tinggal edit aja melalui Google Slides.

Itu dia 8 situs yang bisa guru manfaatkan untuk mempersiapkan kelas online. Semoga membantu ya! Jangan lupa share juga artikel ini ke social media kalian supaya lebih banyak lagi guru yang bisa memanfaatkan situs-situs ini. 

Comments

Popular Posts